Klik nomor untuk langsung menghubungi kami
Hubungi kami,klik disini
Literasi Digital
Menu
Kategori
Literasi Digital
Literasi Digital STEM PEMBELAJARAN ABAD 21 DI SMA BPI 1

STEM PEMBELAJARAN ABAD 21 DI SMA BPI 1

12 Jul 21 09:11:56
Dilihat 30 kali

Dengan perkembangan global yang amat pesat akibat kemajuan di bidang teknologi mengharuskan SMA BPI 1 melakukan diversifikasi kurikum dalam sistem pendidikannya. Salah satu model diversifikasinya adalah pembelajaran abad 21 yang tengah menjadi tren, yaitu pembelajaran dengan pedekatan  STEM (Sains, Technology, Engineering, and Mathematic).

 

  1. Tujuan Pembelajan STEM

 

      1. Tujuan pendidikan STEM bukan hanya untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang sains, teknologi, engineering, dan matematika saja, tetapi agar siswa mampu menerapkan pengetahuan tersebut untuk memecahkan masalah-masalah yang kompleks (dalam mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi); menyiapkan tantangan kebutuhan SDM abad 21; serta mengembangkan kompetensi di bidang STEM (Bybee, 2013).
      2. Selain daripada itu, STEM melalui STEM Creative project juga mampu memfasilitasi siswa untuk berpikir di luar kebiasaan (think outside the box) sehingga kreativitasnya dapat terasah (Larkin, 2015).

 

  1. Pembelajaran Pendekatan STEM

Secara umum, ada 3 pendekatan Integrasi STEM yang digunakan dalam model pembelajaran STEM, yaitu :

    1. Pendekatan Silos, dimana setiap disiplin STEM diajarkan secara terpisah untuk menjaga domain pengetahuan dalam batas-batas dari masing-masing disiplin, contohnya seperti permainan jams session, dimana hanya satu alat music yang dominan
    2. Pendekatan embedded, lebih menekankan untuk mempertahankan integritas materi pelajaran, bukan fokus pada interdisiplin mata pelajaran, materi pada pendekatan tertanam tidak dirancang untuk dievaluasi atau dinilai, contohnya seperti permainan music organ tunggal, dimana semua alat music ada pada organ.
    3. Pendekatan integrated, dimana setiap bidang STEM diajarkan seolah-olah terintegrasi dalam satu subjek, contohnya adalah group band music.

 

  1. Karakteristik pendekatan pembelajaran berbasis STEM :
  2. Integrasi antara Sains, Teknologi, Enjinering (mesin) dan Matematika dalam satu pokok pembahasan.
  3. Diterapkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) ada juga yang berbasis masalah (PBL)
  4. Sesuai dengan kehidupan nyata, bersifat konstektual
  5. Menyiapkan generasi yang memiliki SDM sesuai dengan kecakapan Abad 21
  6. Sesuai dengan tuntutan revolusi industry 4.0
  7. Penerapan pembelajaran yang bertujuan untuk melatihkan soft skill dan hard skill

 

  1. Pelaksanaan Diversifikasi STEM di SMA BPI 1

 

      1. Posisi STEM dalam pembelajaran

Sebagai pintu masuk diversifikasi  STEM dalam kurikulum 2013 terdapat dua pintu,  SMA BPI 1 menggunakan dua –duanya, yaitu melalui pembelajaran Intrakurikuler dan juga Ekstra kurikuler.

Pembelajaran Intrakulikuer  STEM dilaksanakan dalam kegiatan proses belajar mengajar didalam kelas dengan pendekatan Embedded atau dengan pendekatan Integrated berupa pembuatan projek yang selanjutnya bisa diperdalam dalam kegiatan Ekstrakurikuler.  Peserta didik dibuat secara berkelompok, mengkolaborasikan berbagai macam disiplin ilmu dalam pembelajarannya dan diakhiri dengan pembuatan laporan yang telah dipresentasikan.

Pembelajaran Ekstrakurikuler dilaksanakan dibawah koordinasi kesiswaan, menggunakan pendekatan Integrated dengan pelatih Ekstakulikuler yang mumpuni dalam bidang STEM dan pembimbing  guru mata pelajaran yang terkait.

 

    1. Tujuan Pembelajaran STEM di SMA BPI 1
  1. Mengasah keterampilan berpikir kritis dan kreatif, logis, inovatif dan produktif
  2. Menanamkan semangat gotong royong dalam memecahkan masalah
  3. Mengenalkan perspektif dunia kerja dan mempersiapkannya.
  4. Memanfaatkan teknologi untuk menciptakan dan mengomunikasikan solusi yang inovatif
  5. Media untuk menumbuhkembangkan kemampuan menemukan dan menyelesaikan masalah.
  6. Media untuk merealisasikan kecakapan abad 21 dengan menghubungkan pengalaman kedalam proses pembelajaran melalui peningkatan kapasitas dan kecakapan peserta didik
  7. Mempersiapkan siswa mengikuti kegiatan perlombaan STEM baik yang dilakukan didalam sekolah maupun diluar sekolah

 

      1. Program Pengelolaan STEM  

 

 

       Keterangan:

      1. Semua guru mengikuti pelatihan STEM
      2. Dua jalur pelaksanaan STEM, melalui Intra dan Ekstra
      3. Sertifikat sebagai syarat kenaikan kelas dan Karya tulis sebagai syarat kelulusan bagi siswa kelas XII

 

  1. Lomba dan Pameran Kegiatan STEM di SMA BPI 1

 

Untuk menambah wawasan, pendalaman dan motivasi pelaksanaan pembelajaran STEM, bisa dilaksanakan beberapa lomba kegiatan STEM dan Pameran STEM misalnya:

 

      1. Lomba membuat laporan STEM

Lomba membuat laporan STEM diikuti oleh seluruh peserta didik yang melakukan kegiatan pembelajaran STEM, penjaringannya dilakukan oleh guru yang melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan STEM di tiap kelas atau projeknya.

 

      1. Lomba Karya Tulis Ilmiah STEM

Lomba Karya Tulis Ilmiah STEM ini diikuti oleh seluruh peserta didik yang melakukan kegiatan pembelajaran STEM, penjaringannya dilakukan oleh guru yang melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan STEM di tiap kelas atau projeknya.

 

      1. Lomba Presentasi STEM

Lomba Presentasi STEM ini diikuti oleh seluruh peserta didik yang melakukan kegiatan pembelajaran STEM, penjaringannya dilakukan oleh guru yang melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan STEM di tiap kelas atau projeknya. Pelaksanaan Lomba bisa dilakukan secara terbuka dihadapan seluruh peserta didik dalam ruangan aula, juri bisa diambil dari luar sekolah yang memahami tentang STEM

 

      1. Lomba Hasil Produk STEM

Lomba Hasil Produk STEM ini diikuti oleh seluruh peserta didik yang melakukan kegiatan pembelajaran STEM, penjaringannya dilakukan oleh guru yang melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan STEM di tiap kelas atau projek dari ekstrakulikuler STEM.

 

      1. Lomba Photo/Video tingkat SLTP de Kota Bandung

Lomba Photo/Vodep STEM ini diikuti oleh seluruh peserta didik tingkat SLTP se kota Bandung, dengan  ketentuan dititik beratkan penilaian pada photo/Video yang mengandung unsur STEM.

 

      1. Lomba Poster Projek STEM

Lomba Poster STEM ini diikuti oleh seluruh peserta didik, dengan  ketentuan dititik beratkan penilaian pada Poster yang mengandung unsur STEM.

 

      1. Lomba Kegiatan Belajar Mengajar

Lomba KBM STEM ini diikuti oleh seluruh Guru yang melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan STEM.

 

      1. Lomba Bestpractice

Lomba Bestpractice STEM ini diikuti oleh seluruh Guru yang melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan STEM,

 

 

      1. Pameran Pendidikan STEM

Pameran ini berisikan pameran hasil karya produk STEM yang telah dibuat peserta didik dalam kegiatan Pembelajaran STEM sebagai bentuk pertangguan jawab sekolah pada orang tua peserta didik dan masyarakat.

 

Daftar Pustaka

    1. Asep Sukarman, Diversivikasi STEM dalam Kurikulum 2013, Langgam Pustaka, Tasikmalaya, 2020
    2. Diversifikasi dan Inovasi Pengelolaan Kurikulum, Pusat Kurikulum Dan Perbukuan Badan Penelitian Dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2019
©2021 Literasi SMA BPI 1